التَرْبِِِِِيَةَََََ َوَاْلأَ خْلاَ قَ


Pendidikan dan Akhlak
Pada setiap berkembangnya ilmu di suatu Negara sejarah merupakan paling dekat untuk mendidik manusia-manusia dan sebuah wasilah merupakan paling utama untuk meluruskan akhlaknya. Apalagi, jika ilmu itu dibarengi denagn keutamaannya. Dan keutamaan ilmu yaitu pekerjaan manusia dengan apa yang
dikerjakannya dan orang yang berilmu memiliki banyak keuntungan-keuntungan daripada kerugian dalam pekerjaannya sehari-hari, maka apabila ilmunya dibarengi dengan keutamaannya semua pekerjaan akan berjalan dengan teratur dan apabila tidak terjadi demikian maka ilmunya kosong dari kemanfaatan.
Oleh karena itu pendidikan berdasarkan keutamaannya merupakan dasar dari sebuah ilmu dan lebih utama dari tingkatan tangga. Sebagaimana yang diketahui bahwa pendidikan yaitu sebuah Prinsip yang lebih baik dalam kehidupan manusia untuk mencapai kebahagiaan yang mana tidak diragukan lagi bahwa manusia itu beragam-ragam untuk kehidupan dirinya yang bahagia, juga untuk anak-anaknya dan kerabat-kerabat yang ada disekelilingnya, dan kebahagiaan ini hanya akan diperoleh dengan sebaik-baiknya . latihan pada dirinya dengan membiasakan menjauhi hal-hal yang kotor. Dan yang bagus dari akal mereka yaitu berinisiatif latihan untuk memperbaiki dirinya dan meluruskan akhlaknya, supaya menjadi pelipur hati yang baik bagi kehidupan dan mendidik anaknya dengan cerdik, dan sudah seharusnya kita segera memperbaiki diri kita, dan memberikan kehidupan ini dengan kebahagiaan yang sesungguhnya.
Dan akhlak yang utama itu adalah pada akhirnya bahagia didunia dan diakhirat. Dan Allah Swt telah menyuruh kita agar terus berusaha, meskipun pada kenyataannya seseorang sengsara karena apa yang telah diperintahkan untuk mencari kebahagiaannya. Dari situ tidak diwajibkan atas kita apabila menguji dengan hal yang kotor, karena itu akan terus berlanjut pada setiap macam noda-noda dan menuju pada setiap kemaksiatan. Karena meyakininya bahwa semua itu mampu atasnya. Akan tetapi wajib atasnya agar lekas menghiasi dirinya dengan keutamaan dan kosong dari noda-noda. Sampai terbukanya jalan kebahagiaan yang sebenarnya pada dirinya.
Dan akhlak yang utama hanya dapat diperoleh dengan teory dan praktek, dan jalan yang lebih baik yaitu sesuatu yang ada pada kesucian yang asli tegasnya sesuatu yang membuat manusia menjadi seperti pohon, cabang-cabangnya tumbuh dengan alami dan memberikan buah pada setiap musim. Dan pendidikan merupakan perkara yang sangat penting dan merupakan nilai usaha yang paling besar. Membetulkan dengannya pertumbuhan akhlak yang utama pada diri manusia dan menyiramnya dengan air pengajaran dan nasihat sampai matang dari karakter-karakter manusia yang kemudian menjadi buahnya yaitu suka beramal baik yang bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat dan negara.

Related Articles :


Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 komentar:

Posting Komentar

 



"Terima kasih sudah berkunjung"

KUMPULAN ARTIKEL & HADIS-HADIS ROSULULLOH Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha